Assalamualaikum.. Selamat Datang di princezz-shinta.blogspot.com. Mari kita berbagi ilmu..

Online Form Database

Bagi yang ingin bergabung di ROBOTE COMMUNITY (Rombongan Bocah Tekaje), silakan klik DI SINI

Thursday, September 3, 2009

Hebat, Processor Opteron Magny Cours 12 Core dari AMD



AMD telah merilis detail lebih banyak mengenai chip processor 12 core Magny-Cours atau AMD Opteron 6000, yang akan diaplikasikan untuk server game. Di tahun 2010 nanti, dengan proses 45nm SOI, chip Magny-Cours akan menggunakan microarchitecture yang sama seperti processor server quad-core Shanghai, sehingga jika ada tambahan performance per thread maka chip ini akan men-support desain system yang lebih baik.

Ide mendasar adanya chip Magny-Cours Opteron 6000 ini berawal dari 2 processor 6 core Istanbul, disatukan untuk mengurangi power, lalu menekannya ke dalam satu module multichip sehingga dapat dipadatkan dalam satu socket. Dengan menggunakan module multichip, AMD akan dapat membuat 12 core dalam suhu dan power yang sama dengan Istanbul. Sementara dulu awalnya, AMD membuat multichip untuk dual core pertamanya, yakni Smithfield berbasis Pentium 4, yang meniru Intel quad core pertama. Namun, dengan adanya chip Nehalem yang menghapus performance per-core, AMD tampaknya sudah memperbaiki kredibilitas chip processor servernya dengan mengadopsi strategi multichip tersebut.

Multichip AMD memiliki arsitektur yang lebih kompleks ketimbang Intel, karena setiap chip Istanbul mempunyai memory controller DDR3 dual-channel sendiri-sendiri, ditambah 4 link HyperTransport. Hal tersebut menyebabkan, user tidak dapat mendorong setiap chip dengan bandwith interkoneksi full yang melalui satu socket, sehingga AMD terpaksa harus mengurangi beberapa link. Desain multichip Magny-Cours ini memiliki 4 port HT dan 4 port memory DDR3. Walaupun begitu, 12 core dari AMD Opteron 6000 ini masih tetap banyak jika ditempatkan di satu socket dan mungkin akan terjadi lumpuhnya bandwith. Untuk membantu mendorong transistor di bus bandwith, AMD membuat tipe cache HT Assist, sama seperti yang ada di Istanbul.


source: beritanet.com

0 comments:

Harry Potter Chibis!! Pictures, Images and Photos

HaRRy PoTteR

harry potter Pictures, Images and Photos