Assalamualaikum.. Selamat Datang di princezz-shinta.blogspot.com. Mari kita berbagi ilmu..

Online Form Database

Bagi yang ingin bergabung di ROBOTE COMMUNITY (Rombongan Bocah Tekaje), silakan klik DI SINI

Saturday, May 2, 2009

100 FuNgSi BaRu WiNdOwS


Tenaga Baru untuk Windows XP
Kali ini, Anda bisa melupakan Windows Vista sejenak karena CHIP memberikan 100 tips untuk menambah dan memaksimalkan kinerja Windows XP.

Tidak lama lagi XP akan berusia delapan tahun. Namun, Windows ini masih belum mau pensiun. Dengan 100 tips dari CHIP, XP akan mendapatkan beberapa fungsi baru. Anda seperti mendapatkan versi baru Windows XP. XP menjadi lebih fleksibel dibanding Vista. Tidak mengherankan jika pangsa Vista sejak dipasarkan hingga sekarang tidak mencapai 15% dari semua PC yang ada di dunia.

Sistem: Fungsi baru untuk Explorer, Start, dan lain-lain 
Dengan tool yang tepat, Anda dapat menambah fungsi XP yang bahkan belum dimiliki Vista. Berikut ini tips-tips yang paling menarik dari CHIP.

MENJALANKAN PROGRAM LEBIH CEPAT
Freeware Launchy memiliki fungsi yang sangat banyak sehingga harus ada pada setiap PC. Mempercepat jalannya sebuah aplikasi merupakan salah satu kemampuannya. Apabila Anda telah menginstalasi Launchy, akan tampak sebuah shortcut dalam folder "Startup" di menu Start. Dengan demikian, setiap proses startup Windows, tool ini juga akan dijalankan.

Tool ini baru kelihatan setelah Anda menekan "Alt+spasi". Di dalamnya terdapat sebuah input box sederhana. Kini, ketikkan nama program yang ingin Anda jalankan. Dengan huruf pertama saja, Launchy akan berusaha memilih software yang tepat sesuai input yang Anda masukkan. Begitu program yang diinginkan tampak dalam list-nya, klik untuk menjalankan program tersebut.

BERSELANCAR LEBIH CEPAT
Website juga dapat Anda buka melalui Launchy. Anda cukup mengetikkan link-nya ke dalam input box. Klik "Enter", website yang Anda inginkan akan dibuka dengan browser default.

MENCARI LEBIH CEPAT
 Launchy juga bisa dimanfaatkan sebagai mesin pencari. Ketikkan "Google" ke dalam Launchy lalu tekan tombol "Tab". Ketikkan juga istilah atau teks untuk hal yang Anda cari. Dengan segera, program ini akan menjalankan browser standar dalam sistem. Google bukan modul pencarian satu-satunya yang ditawarkan Launchy. Anda bisa menggunakan Amazon, eBay, MSN, dan search engine lainnya.

Apabila Anda memiliki website favorit, Anda juga bisa menyuruh Launchy untuk mencari dari website tersebut. Caranya, buka Launchy dengan hotkey "Alt+spasi" dan klik pada icon roda gigi di sudut kanan atas. Dalam window "Launchy Options", buka tab "Plugins". Pilih plugin "Weby" dan lihat pada bagian "Plugin Options". Di sana terdapat beberapa parameter untuk pencarian dari berbagai website, seperti Yahoo!, Google, Wikipedia, hingga Amazon.

Anda tekan tombol "+" di sisi kanan. Launchy akan membuat sebuah baris baru dalam daftar website. Di baris baru tersebut Anda ketikkan nama website, link, dan parameter pencariannya (query). Oleh karena itu, Anda harus mengetahui query pencarian dari website yang Anda masukkan.

Launchy juga memiliki banyak plugin lainnya selain plugin yang ada dalam keadaan default-nya. Anda bisa mengunjungi www.launchy.net untuk menemukan plugin lainnya. Plugin Runner misalnya. Plugin ini dapat membuat kata kunci sendiri untuk menjalankan perintah Windows.

PREVIEW WINDOW
 Di Windows Vista, jika Anda mendekatkan kursor mouse di atas sebuah aplikasi di dalam taskbar, Anda akan melihat preview dari aplikasi tersebut. Hal ini bisa terjadi karena Vista telah mengalami peningkatan fungsi untuk grafik-grafiknya. Namun, siapa yang bilang hal tersebut tidak mungkin dilakukan di Windows XP? Melalui sebuah program khusus bernama Visual Tooltip, Anda juga bisa memperlakukan XP sama seperti Vista untuk masalah preview window ini. Instalasikan tool ini ke dalam sebuah folder. Selanjutnya, letakkan shortcut-nya di dalam folder "Startup" sehingga bisa dijalankan secara otomatis saat startup Windows.

Multimedia: Lebih banyak fungsi untuk hiburan
Program-program untuk musik, video, dan foto memang jumlahnya tidak terlalu banyak pada Windows XP. Padahal, dengan perkembangan dunia musik, foto, dan video, program jenis ini sangat ideal jika terpasang di Windows XP untuk menangani multimedia. Oleh karena itu, melalui program-program berikut ini, Anda bisa mendapatkan fungsi-fungsi multimedia baru di Windows XP Anda.

MENGETAHUI CODEC YANG DIBUTUHKAN
 Video hasil download dari Internet tampak bermasalah saat diputar? Munculnya format-format baru sering membuat video tidak bisa diputar oleh player yang ada di PC. Untuk kasus seperti ini, Anda bisa menggunakan program GSpot. Program ini dapat mengenal ratusan format dan setting video.

Menemukan codec: Drag saja file video ke tampilan GSpot. Program akan mengenali codec video dan audio yang dibutuhkan berdasarkan sebuah database raksasa.

Tarik (drag) file video dengan mouse ke window GSpot. Program akan langsung menganalisisnya. Apabila program mengenali codec, tetapi codec tersebut tidak terinstalasi, program dapat mencarinya ke Internet. Anda akan disuguhkan link untuk men-download-nya. Selanjutnya, Anda hanya perlu menginstalasi codec lalu memutar video.

SUARA DENGAN EFEK
 Instalasikan freeware Wavosaur sehingga Anda tidak perlu lagi membuka audio-recorder Windows untuk mengolah audio. Program ini ukurannya tidak sampai 500 KB. Hampir semua format audio dapat dibuka dan diedit (kecuali WMA). Wavo dapat mengedit file, mengubah volume, melengkapi rekaman dengan efek, dan dapat mengotomatisasi semua proses.

MENGGABUNGKAN FILE MP3
 Beberapa penerbit audio book sering menawarkan lagu dalam bagian-bagian kecil. Memang praktis untuk di-download, tetapi mengesalkan ketika didengarkan. Program bernama MP3Wrap ini memang masih terdengar asing di telinga Anda, tetapi program ini dapat mengatasi masalah tersebut.

Pertama-tama yang harus Anda lakukan dengan program ini adalah mengekstrak file "mp3wrap.exe" di folder "C:\Windows". Cukup itu saja cara instalasinya. Selanjutnya, Anda buka "Command Prompt" dari "Start | All Programs | Accessories" atau dengan mengetikkan "CMD" di "Start | Run". Melalui perintah "CD", Anda dapat masuk ke folder tempat penyimpanan file-file MP3. Melalui format penulisan "MP3Wrap output file1 file2", Anda dapat menggabungkan beberapa file MP3. Misalnya, Anda memiliki file MP3 bernama tes1.MP3 dan tes2.MP3. Untuk menggabungkan dua file tersebut menjadi "Album.MP3", Anda harus mengetikkan "MP3Wrap Album.MP3 tes1.MP3 tes2.MP3" lalu tekan "Enter". Dua file tersebut akan langsung diproses dan Anda bisa melihat hasilnya pada folder yang sama.

MENGGANTI DESKTOP 
Wallpaper masih menjadi primadona beberapa pengguna Windows. Mereka berlomba-lomba untuk menggunakan dan menampilkan wallpaper yang paling menarik. Untuk wallpaper ini, ada program menarik bernama Scott’s Wallpaper Switcher. Dengan program ini, Anda bisa mengganti wallpaper secara otomatis. Sekali terinstalasi pada PC, Anda hanya perlu mengatur dua hal saja, yaitu memilih gambar dan memilih durasi pergantian. Apabila Anda mengaktifkan option "Auto-load on Windows Startup", wallpaper akan berganti setiap kali startup Windows. Dengan program ini, Anda juga bisa menggunakan option "Auto-Sequence’" untuk mengganti wallpaper setiap menit.

MENYIMPAN DOKUMEN SEBAGAI PDF
 Dokumen berformat PDF memang memiliki kelebihan dibandingkan format-format dokumen lainnya. Dengan format ini, isi dokumen tidak mudah untuk disalin sehingga aman untuk dikirim ke relasi-relasi Anda. Untuk membuat format PDF ini, Anda bisa menggunakan GhostScript dan printer-driver FreePDF-XP. Dengan program ini, Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk membuat format PDF.

Setelah menginstalasi kedua program tadi, Anda dapat membuat PDF untuk seluruh dokumen yang Anda miliki. Program FreePDF-XP diintegrasikan sebagai printer biasa di dalam Windows. Apabila Anda memilih perangkat ini, akan tampak sebuah dialog khusus. Anda hanya perlu memilih nama file dan profil. Semakin baik kualitasnya, semakin besar file PDF. Oleh karena itu, Anda lebih baik membuat PDF untuk e-mail dengan profil "E-book".

Keamanan: Proteksi untuk data dan serangan malware
Sejak SP2 untuk XP muncul, Microsoft baru serius dengan masalah keamanan. Namun, fungsi-fungsi yang disertakan tidak benar-benar lengkap dan praktis. Freeware yang CHIP sajikan berikut ini menawarkan fungsi yang lebih banyak.

CHAT DENGAN AMAN
 Melalui Scatter Chat, Anda bisa melakukan chat dengan teman-teman Anda. Program ini tersedia di http://scatter-chat.softonic.de. Program yang berbasis instant messenger ini dapat mengenkripsi pembicaraan dengan bantuan sebuah libgcrypt-library serta sebuah modul Scatter-Chat khusus.

MENYELAMATKAN FILE TERHAPUS
 File-file yang terhapus sebenarnya masih dapat di-restore, kecuali file yang dihapus dengan bantuan program khusus seperti Eraser. Program yang bagus untuk me-restore file tersebut adalah Recuva. Dengan sekali klik pada program ini, Anda dapat men-scan media data. Pada klik ke-2, Anda bisa me-restore data yang hilang. Untuk mencegah tertimpanya file yang belum diselamatkan, sebaiknya jangan menyimpan Recuva dan data yang telah diselamatkan pada partisi yang sama.

Restore file: Freeware Recuva dapat menemukan dan menyelamatkan file yang sudah lama hilang dari recycle bin.

RESTORE POINT
 Sudah lama Windows XP menawarkan sebuah fungsi praktis untuk mem-backup melalui System Restore. Dengan program bawaan Windows ini, jika PC mengalami masalah akibat sebuah driver atau aplikasi yang tidak mau jalan, Anda dapat kembali ke area (titik) sebelumnya yang masih stabil melalui "Start | All Programs | Accessories | System Tools | System Restore". Cara kedua adalah melalui CD Setup Windows.

Namun sayang, titik restore tersebut dibuat oleh System Restore sesuai keinginan program. Dengan freeware SysRestorePoint, Anda dapat membuat sendiri restore point untuk backup. Untuk melakukannya, aktifkan program SysrestorePoint terlebih dahulu. Pada sistem yang rawan, sebaiknya Anda disarankan untuk menyimpan program dalam folder "Startup". Dengan demikian, Anda bisa memiliki restore point yang lebih banyak lagi.

HAPUS FILE AKTIF
 Apabila PC yang Anda gunakan sudah terinfeksi, ada indikasi malware telah bersarang dalam sistem, sebaiknya segera lakukan pembersihan. Namun, upaya penghapusan malware tersebut sering kali gagal karena malware tersebut sedang aktif. Hal ini bisa disebabkan oleh sebuah software atau driver yang buruk. Apabila Anda menemukan masalah seperti ini, program Unlocker bisa membantu.

Setelah proses instalasi program ini selesai, akan tampak sebuah entry baru dalam menu konteks. Untuk menggunakannya, klik kanan pada file yang akan dihapus lalu pilih option "Unlocker". Pada startup Windows berikutnya, file tersebut baru benar-benar dihapus.

Jaringan: Kontrol lebih besar atas jaringan dan download 
Melalui Windows Vista, Anda bisa mendapatkan lebih banyak informasi mengenai jaringan lokal. Namun sayangnya, ada juga informasi yang harus Anda gali lebih dalam lagi untuk mengetahui isinya. Hal ini karena adanya program visualisasi lingkungan jaringan dan banyaknya sumber informasi yang masih tersembunyi jauh di dalam sistem. Untungnya, ada beberapa freeware yang dapat membantu XP maupun Vista.

MENGATUR DOWNLOAD
 Saat ini telah banyak tersedia koneksi Internet super cepat. Namun sayangnya, masih banyak juga server-server pendukung komunikasi yang belum dapat mengimbangi kecepatan koneksi Internet tersebut sehingga proses download tetap lambat. LeechGet dapat mengatasi masalah ini dengan banyak cara. Saat proses instalasi, program ini akan mengintegrasikan diri ke dalam browser IE, Firefox, atau Opera.

Selanjutnya, ia akan mengelola semua download. Apabila diperlukan, ia dapat membagi file menjadi beberapa bagian yang dapat di-download dari berbagai sumber. Dengan demikian, download menjadi lebih cepat selesai. LeechGet bahkan dapat meneruskan download yang terhenti.

MENGAWASI JARINGAN
 Apakah penyedia layanan Internet Anda menepati janjinya dalam meningkatkan kecepatan koneksinya? Tagihan yang lebih tinggi bukan sebuah bukti. Dengan sarana onboard Windows, sulit diketahui detail koneksinya. Lanmonitor dapat memberikan semua informasi dan menampilkannya dengan jelas dalam sebuah kurva. Apabila Anda ingin mengawasi kecepatan jaringan, pilihan Anda tepat jika memilih program ini.

Selalu dalam pengawasan: Freeware AdvancedRemoteInfo menampilkan semua informasi yang terkait dalam jaringan dalam sebuah window yang tersusun rapi.

MENAMPILKAN DETAIL JARINGAN
 Secara teori, Windows memiliki semua info jaringan, tetapi tersebar di seluruh sistem dan sulit untuk menggabungkannya. Oleh karena itu, malalui freeware AdvancedRemoteInfo, Anda bisa menampilkannya dalam satu window. Tak soal apakah Anda ingin mengetahui data PC yang digunakan atau PC lain dalam jaringan. Cantumkan nama atau alamat IP di sudut kiri atas. Program ini dengan segera akan menyelesaikan tugasnya.

NB: 100 freeware yang berhubungan dengan artikel ini, dapat Anda temukan pada DVD CHIP 08/2008

Source: CHIP 08/2008

0 comments:

Harry Potter Chibis!! Pictures, Images and Photos

HaRRy PoTteR

harry potter Pictures, Images and Photos